MENGATASI HAMA TANAMAN CABE

Posted by DISTRIBUTOR NASA PASAR PAGU KEDIRI 24 May 2017 0 comments
 HOME >> Mengatasi Hama Tanaman Cabe, Produk Nasa Dan Harga Pupuk ,Jual Pupuk Lengkap Produk Nasa Pasar Pagu Kediri.

Serangan hama sering kali membuat petani atau pelaku usaha angrobisnis,khususnya tanaman cabe pusing ,hasil panen dari budidayanya cabe bisa terancam habis akibat serangan hama yang seringkali datang tiba tiba .berikutnya ini disajikan beberapa cara efetif pengendalian Hama Tanaman Cabe dan penjelasan mengenai karakter hama yang banyaak menyerang tanaman cabai.


MENGATASI HAMA TANAMAN CABE

 HAMA HAMA PADA TANAMAN CABE ADALAH :

1 . GANGIR 
GANGSIR tanaman cabai atau cabe adalaah :
Brachytrypes portentosus, hama ini biasanya menyerang menyerang cabai muda yang baru saja dipindah tanamkan seranganya dilakukan pada malam hari ,dan disiang harinya sembunya didalam tanah .gansir membuat liang dalam tanah sampai kedalamaman 90 cm .gangsir merusak tanaman cabai dengan cara memotong pangkal batang tepai tidak memakanya ,gangir tanamaman cabe atau cabe adalah Brachytrypes portentosus, hama ini biasanya menyerang tanaman cabai muda yanga baru saja dipindah tanamakan ,seranganya dilakukan malam hari sedangkan siang hari bersembunyi didalam tanah .
Gansir membuat liang dalam tanah sampai 90 cm ,gangsir merusak tanaman cabai dengan cara memotong pangkal batang tapi tidak memakanya.

2. ULAT TANAH 

Ulat tanah tanaman cabe adalah Agrotis Ipsilon ,Hama jenis ini menyerang tanaman cabai di malam hari bersembunyi di dalam tanah atau dbalik penutup plastik mulsa .ulat tanah menyerang batang tanaman cabe muda dengan cara memotong batanganya sehingga sering dinamakan ulat pemotong .

3 . ULAT GRAYAK 
Ulatgrayak tanaman cabai adalah Spooptera Litura .hama ini menyenrang bagaian daun tanaman cabe dengan cara bergerombol .daun menjadi berlubang dan meranggas .ulat grayak disebut juga ulat tentara.seperti hal nya jenis ulat lain.ulat ini menyerang tanamanan cabai malam harisedangkan siang hari bersembunyi dibalik mulsa atau di dalam tanah .ulat grayak ini bersifat polifag.

4. ULAT BUAH 
Ulat buah tanaman cabai adalah Helicoverpa sp .hama ini menyerang buah muda dengan cara membuat lubang dan memakanya .ulat buah bersifat lpilifag.

5. THRIPS
Thrips tanaman cabe adalah Thrips parvispinus .seranganaya ditandai adanya bercak berak keperakan pada daun tanamaman cabe yang terserang .hama ini lebih suka menghisap cairan daun muda sehingga menybabkan daun tanaman yang terserang menjadi keriting ,hingga akhirnya tanaman cabai tersebut menjadi kerdil.

6.KUTU DAUN 

kutu daun tanaman cabe adalah Myzus Persiceae .kutu ini menghisap cairan tanaman cabai terutaman daun muda ,kotoranya manis sehingga menggandung semut .
serangan parah menyebabkan daunmengalami klorosis [kuning]menggulung dan menggeriting .akhirnya tanaman cabai menjadi kerdil.

https://www.facebook.com/SudjokoNasaKediriKangaroo
7.KUTU KEBUL 

Kutu kebul tanaman cabai adalah bermisia Tabaci .hama berwana putih .bersayap tubuhnya diselimuti serbuk putih seperti lilin kutu kebul menyerang dan menghisap cairan sel daun sehingga sel sel dan jaringan daun rusak .

8 .TUNGAU

TUNGAU tanaman cabai adalah tungau kunig pol polphgotarsonemus lotus dan tungau bersembunyi dibalik daun sambil menghisap cairan daun .daun cabe yan terserang berwarna coklatan ,terpelintir serta pada permukaan bawah daun terdapat benag benag halus berwarna merah atau kuning .
=> Penggendalian hama gangsir ,ulat tanah,ulat ngrayak,ulat buah ,thrips ,kutu daun ,tungau.

  1. Aplikasi sejak awal mulai pada saat pembibitan .Aplikasi penggendalian sebaiknya dilakukan pada sore hari.
  2. Apa bila serangan belum terlalu banyak ,gunakan PENTENA dengan cara aplikasi disemprotakan pada tanaman .
  3. Tambahkan AERO 810  untuk meningkatkan daya guna dalam mengatasi serangan ulat grayak.

9. LALAT BUAH 

Perangkap
 lalat buah metilat plus lem natural nusantara nasa 'lalat buah tanaman cabai adalah dacus dorsalis .lalat betina dewasa menyerang dengan cara menyuntikan telurnya ke dalam buah .kemudian telur berubah menjadi larva.
larwa larwa ini kemudian menggerogoti buah cabai sehingga buah menjadi busuk .

=> Pengendali hama lalat Buah 

  1. Gunakan perangkap lem lalat buah .yaitu Metilat plus yang berbahan aktif metil eufnol yang sangat efektif untuk menarik perhatian lalat buah jantan ,semangkin banyak perangkap lem metilat dilahan tanaman cabe akan semakain efektif mengendalikan serangan lalat buah .apa bila lalat buah jantan sibuk tergoda dengan aroma metilat lem maka lalat buah betina tidak bisa dibuahi dan akhirnya juga mati.
  2. Selain itu dicampurkan Aero 810 untuk mengatasi serangan lalat buah.

https://www.facebook.com/SudjokoNasaKediriKangaroo
10. NEMATODA .

NEMATODA tanaman cabai adalah Meloidogyne Incognita. .s erangan nematoda ditandai adanya bintil bintil dari akar .Nematoda merupakan cacing tanah berukuran sangat kecil,hama ini merupakan tanah berukuran sangat kecil .hama ini merupakan cacing parasit penyerang bagian akar tanaman .bekas gigitan cacing inilah akhirnya menyebabkan serangan sekunder.seperti layu bakteri .layu fusarium ,busuk phytopthora atau cendawan lain penyerang akar.

=> Penggendalian Hama Nematoda 

1.Apabila serangan belum terlalau banyak ,gunakan Glio  yang dicampur pupuk kandang dan tebarkan disekitar lubang tanam.penggunaan Glio ini sebaiknya di mulai sejak awal penanaman atau pembibitan .


https://id.wikipedia.org/wiki/Pagu,_Kediri

https://id.wikipedia.org/wiki/Bulupasar,_Pagu,_Kediri
2.Campurkan AERO 810 Sebagai bahan pelarut untuk membantu bahan aktif pestisida tersebut lebih tahan lama berada disekitar tanaman serta tidak mudah hilang tergerus air hujan ,aplikasi pengrndalian sebaiknya dilakukan pada sore hari.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pagu,_Kediri
Demikian persembahan kami dari Distributor Pagu Kediri dari penanggunglangan ham pada tanaman cabe. pemilihan benih tahan virus membantu menghindari resiko serangan penyait ini hal lain yang bisa membantu menggurangi resiko serangan adalah pemupukan yang baik dan tepat.


SUDJOKO  N - 469938
        WA : + 62 852 - 0203 - 3625 


FACEBOOK
https://www.facebook.com/SudjokoNasaKediriKangaroo

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MENGATASI HAMA TANAMAN CABE
Ditulis oleh DISTRIBUTOR NASA PASAR PAGU KEDIRI
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://jualpupukorganiknasapagukediri.blogspot.com/2017/05/mengatasi-hama-tanaman-cabe.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Buat Email | Copyright of Jual Pupuk Organik Nasa Pagu Kediri.

Total Pageviews